Senin, 12 Maret 2012

Cara Agar Bahan Bakar Irit


a. Kecepatan kendaraan.
Agar dapat menghasilkan tingkat efisiensi yang optimal pada mobil tersebut. Idealnya untuk di dalam kota, berkendara pada kecepatan 60 km/jm atau tidak melebihi dari 80 km/jm, dan untuk di kondisi jalan tol, usahakan tidak melebihi dari 100km/jm. Demi mengurangi putaran mesin yang terlalu tinggi, lakukan perpindahan ke gigi yang lebih tinggi dengan lebih cepat. Hal tersebut dapat lebih memperpanjang jarak tempuh kendaraan Anda, dan aktivasi dari motor listrik di mobil tersebut pun akan semakin sering bekerjanya, dimana penggunaan mesin secara otomatis juga semakin lebih berkurang, dan penggunaan bahan bakar juga akan lebih berkurang.

b. Kecepatan konstan.
Usahakan berkendara pada kecepatan yang konstan, karena setiap kali Anda mempercepat dan memperlambat mobil berdampak pada penggunaan bahan bakar yang tidak sedikit. Sebagai contoh, saat Anda melakukan akselerasi awal, kendaraan tersebut harus mengangkat bobot kendaraan yang tidak ringan, dan ini akan dapat lebih mempercepat terjadinya penyerapan pada penggunaan bahan bakar. Juga beban di sekitar rem mobil Anda, yang dapat lebih mempercepat keausan di sekitar kanvas rem mobil Anda

c. Hindari membawa barang - barang yang berat.
Untuk dapat lebih meminimalkan penggunaan bahan bakar pada mobil tersebut. Sebaiknya hindari dari membawa muatan yang berlebihan agar ini tidak berefek pada penggunaan bahan bakar yang lebih tinggi. Seperti juga menggunakan roof rack diatas mobil tersebut, juga dapat meningkatkan hambatan angin yang lebih tinggi disekitarnya.

e. Hindari menggunakan pelek besar.
Jenis kendaraan tersebut dirancang bukan untuk pengendalian yang sporti, tetapi untuk mengurangi penggunaan bahan bakar. Jadi jika Anda menggunakan pelek yang berukuran besar atau diluar pakem spesifikasi mobil tersebut demi alasan estetika. Maka yang terjadi adalah, friksi di mobil tersebut juga semakin meningkat, dan ini pastinya berefek pada karakter berkendara mobil tersebut dan tujuan untuk meminimalkan penggunaan bahan bakar pada mobil tersebut tidak akan tercapai secara optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar