Selasa, 06 Maret 2012

Cara mengatur Karburator Agar Irit BBM






Ada 3 sekrup di karburator yang memegang peran penting membuat mesin bensin menjadi optimal.
Cara menyetel.

1. Sekrup idle up dikendorkan tetapi AC di hidupkan. Penyetelan berhenti ketika sekrup itu tidak bisa lagi merendahkan RPM mesin. 

2. Sekerup RPM mesin di turunkan RPM sampai sekitar 500, atau sampai tidak mati saja. 

3. Sekarang mulai dengan menyetel sekrup idle (campuran udara dan bensin). Putar sekrup ini ke kiri sampai nyaris mati. Kemudian kembali ke kanan sampai nyaris mati juga. Setelah itu putar perlahan-lahan mencari RPM tertinggi. Saat itulah kita akan menemukan campuran bensin dan udara terbaik. (bisa terjadi, karena karburator sudah kotor atau lama sehingga tersumbat, atau sekrup ini rusak, maka walaupun sudah di putar, dicari-cari tidak ada reaksi. Kalau menemukan kondisi seperti ini maka perlu melakukan OH karburator) 

4. Setelah menemukan campuran terbaik, sekarang setellah sekrup RPM sampai 700, 800 atau 900 sesuai permintaan pembuat mesin.

5. Sekarang baru menyetelah sekrup idle up AC. Hidupkan AC, pasti RPM sudah berkurang, turun dari semula. Sekarang stel sekrup idle up sampai mencapai RPM, biasanya 900 atau 1000. 

6. Coba AC dimatikan, apakah sekarang RPM idle ke RPM yang diinginkan?

CATATAN:
Bahwa cara tersebut diatas adalah dengan syarat kondisi karburator masih dalam keadaan normal, baik itu fungsi SKEP, PELAMPUNG, SEPUYER, CHOKE, SELENOID, VACUUM dll.
Karena perlu diingat bahwa faktor umur mobil sangat berpengaruh pada kondisi karburator itu sendiri, terutama pada bagian AS SKEP. Bayangkan apabila umur mobil sudah 18 tahun, berarti selama 18 tahun itu pula 'as skep' sudah di kikis seiring injakan pedal gas dari penggunanya, otomatis lubang 'as skep' tersebut semakin lebar, dan 'as skep' pun sudah tidak presisi lagi, yang akan mengakibatkan komponen skep tidak bisa menutup ruang karburator secara sempurna. Kalo sudah bengini biasanya mesin mobil akan tidak stationer, walaupun terkadang stationer besoknya pasti tidak stationer lagi.
Hal yang perlu dilakukan adalah memperbaiki 'lubang as skep' menjadi presisi lagi atau mengganti komponen skep yang sesuai (presisi) dengan ruang karburator.

12 komentar:

  1. Izin re-blog ya brader.

    BalasHapus
  2. bos konsumsi bbm twincam berapa sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Up up up. Ane juga penasaran dgn konsumsi bbm nya.

      Hapus
  3. Bagaimana memperbaiki lubang as skep bro ? Atau ada cara lain, trims sebelumnya.

    BalasHapus
  4. Bos tips diatas apa sama perlakuannya untuk corolla se saloon..
    soalnya corolla se salon tungganganku ko boros banget ya...

    BalasHapus
  5. Gan, pakah masih ada yang jual repair kit carburator twin cam yang asli?
    atau carburator assy? kalo ada dimana ,twincam saya boros banget sdh dibawa ke tempat servis (beberapa tempat), tapi tidak ada yang berhasil, msin stasioner normal.tks

    BalasHapus
  6. Gan, pakah masih ada yang jual repair kit carburator twin cam yang asli?
    atau carburator assy? kalo ada dimana ,twincam saya boros banget sdh dibawa ke tempat servis (beberapa tempat), tapi tidak ada yang berhasil, msin stasioner normal.tks

    BalasHapus
  7. Tanya di Atrium Senen, Jakarta Pusat ada koq yg jual karbu yang asli buat corolla twincam SE Saloon 1600 cc. Tapi harganya itu yang bikin kantong bolong Om, si empunya toko minta tebus 6 jt perak satu set....

    Karena ane kaga mampu ngeboyong pulang karbu baru, akhirnya mampir di Yono Karburator yang deket pintu TMII. Kemaren di cek tuh karbu trus ganti as skep sama di ganti switch karburator biar langsam. Alhamdulillah twinnie lancar jaya aja sampe hari ane nulis comments di artikel ini Om...

    BalasHapus
  8. Mau tanya gan.. Mobil istri gw corolla th 1990 twincam.. Mo nanya mesin corolla susah hidup baru 2 bulan ganti switch apa gitu di karburatornya.. Mesin kalo jalan suka tiba2 mati.. Pas bawa ke bengkel montirnya bilang switchnya perlu diganti yg ori 900 ribuan.. Tapi mending di lepas aja switchnya.. Pertanyaan gw.. 1. Itu namanya switch apa ya.. 2. Kalo dilepas switchnya pengaruhnya apa sama mesin dan bahaya gk.. Trims berat gan jawabannya..

    BalasHapus
  9. Barangkali ada yang tahu di mana ya jual switch carburator corolla twincam,,,mksh


    M.Soeyitno Gresik 081231680151

    BalasHapus
  10. Setahu sy namaya switch langsam. Coba di cek dgn cara kunci kontak di ON kan, kalau terdengar bunyi "klik" berarti masih bagus.Coba tanya di union motor dekat Tip Top swalayan pondok gede.

    BalasHapus